Integration of Pancasila Student Profile Values in Islamic Religious Education Subjects and Its Implementation to Improve Students' Caring Attitudes (Explorative Study of SMP Al-Azhar 18 City of Salatiga Academic Year 2022/2023)

Authors

  • Agung Cahyono Mahasiswa Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Slaatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2321

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Azhar 18 Kota Salatiga dan bertujuan untuk (1) Untuk mendiskripsikan dan menganalis penerapan profil pelajar Pancasila di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. (2) Untuk mendiskripsikan dan menganalis integrasi nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. (3) Untuk mendiskripsikan dan menganalis hasil implementasi dari integrasi nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan sikap kepedulian siswa di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan studi kasus yang diperoleh peneliti di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis data dilakukan secara bersamaan, yaitu display, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian memaparkan (1) Bahwasannya penerapan profil pelajar Pancasila  dengan beberapa dimensi yaitu sekolah melakukan penerapan profil pelajar Pancasila pada tahun tahun pelajaran 2022/2023 yang diawali pelaksanaannya pada kelas 7. Kemudian yang kedua bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga melalui 3 tahapan yaitu tahapan persipan, tahapan pelaksanaan, dan terakhir tahapan evaluasi. (2) Terintegrasikan dengan muatan pelajar Pancasila yang terdiri dari beberapa elemen diantaranya adalah elemen Qur’an-Hadist, akidah, akhlaq serta sejarah peradaban Islam dan terdiri dari beberapa dimensi profil pelajar Pancasila. (3) Implementasi penerapan pelajar pancasila siswa menjadi lebih peduli kepada orang lain.

Published

2023-07-01

How to Cite

Cahyono, A. (2023). Integration of Pancasila Student Profile Values in Islamic Religious Education Subjects and Its Implementation to Improve Students’ Caring Attitudes (Explorative Study of SMP Al-Azhar 18 City of Salatiga Academic Year 2022/2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4572-4580. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2321