Peningkatan Hasil Belajar melalui Metode Permainan Tebak Kata pada Materi Bangun Datar Kelas 2B di SDN Gayamsari 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2325

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode permainan tebak kata sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi bangun datar kelas 2B di SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan model one grouppretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2B SDN Gayamsari 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas 2B SDN Gayamsari 02 Semarang yang berjumlah 28 siswa. Semua anggota populasi menggunakan sampling total (Sensus). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil, nilai signifikan pree test 0,051 > 0,05 sehingga data pree test berdristibusi normal. Berdasarkan hasil dari perhitungan bahwa nilai signifikan post test 0,123 > 0,05 maka data post test juga berdristibusi normal.  Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis atau 0.000<0,005 maka H0 ditolak artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan dari hasil belajar kognitif siswa pada pree test dan post test. Dari perhitungan uji T nilai signifikansi < 0,05 atau 0.000 < 0,005 maka H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dicapai pada pree test dan post test.  Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh, gain mendapatkan hasil sebesar 0,5 artinya siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pretest-posttes siswa menunjukkan kenaikan ketuntasan belajar sebesar 30,46 %. Berdasarkan hasil belajar nilai rata-rata post test 95,5 dengan siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 28 siswa atau 100% sedangkan nilai rata-rata pre test 73,2 dengan siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 22 siswa atau 79%.

Published

2023-07-01

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar melalui Metode Permainan Tebak Kata pada Materi Bangun Datar Kelas 2B di SDN Gayamsari 02 Semarang. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4626-4630. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2325