Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pendidikan karakter beriman dan sadar Tuhan dengan kegiatan pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Sugiyono yang terdiri dari data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter beriman dan sadar Tuhan telah dilaksanakan oleh sekolah dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan.