Penggunaan Media Question Card untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Muatan IPA di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2332Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Question Card dan untuk mengetahui apakah penggunaan media Question Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan IPA siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Question Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Berdasarkan hasil keaktifan belajar siswa pada saat proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I skor keaktifan belajar siswa 62,34% dan meningkat pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 81,29% dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Kota Jambi dinyatakan berhasil.