Implementasi Model SIUUL dalam Peningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Video Cerita
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2337Abstract
Menstimulasi kemampuan berbicara pada anak usia dini harus menyenangkan dan sesuai karakterisriknya. Di jumpai pada kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD AL IRSYAD masih banyak yang memiliki kemampuan berbicara masih terbilang rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya stimulasi kemampuan berbicara. Oleh karena itu guru dapat menstimulasi kemampuan berbicara pada anak menggunakan model SIUUL dengan melalui video cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun dengan pemberian rangsangan berupa dengan berbicara video cerita anak dengan model SIUUL. Objek penelitian anak kelompok usia 4-5 tahun di PAUD AL IRSYAD yang berjumlah 12 anak. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau Action Researct dengan menerapkan Model Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan dilakukan dengan metode observasi. Peneliti mengumpulkan data dengan mengobservasi kemampuan berbicara melalui video cerita pada lembar instrumen dalam bentuk ceklist. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan berbicara melalui video cerita . Peningkatkan kemampuan berbicara anak terlihat dari data presentasi setiap siklusnya pada pra siklus 45 %. Siklus 1 70.60 %, siklus 2 86 %.Hasil pada siklus 2 telah mencapai target yang ingin dicapi peneliti. Dengan demikian, disimpulkan bahwa dengan video cerita anak adanya peningkatkan kemampuan berbicara anak.