Analisis Self Confidence Siswa Kelas IV Muatan Pelajaran IPAS dalam Model Pembelajaran PjBL
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2338Abstract
Konteks penelitian ini adalah rendahnya hasil nilai praktik pembelajaran siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembuatan projek pada model PjBL Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kepercayaan diri siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 01 Muatan Pelajaran IPAS Dalam Model PjBL. Permasalahan pada penelitian adalah Bagaimana kepercayaan diri siswa kelas IVB dalam Model Pembelajaran PjBL Muatan Pelajaran IPAS? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah Guru kelas dan siswa kelas IVB SDN Pandeanlamper 01, terdiri 3 siswa dari 27 siswa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian berupa hasil pelaksanaan pembelajaran IPAS BAB IV dari buku Paket Kurikulum Merdeka Kelas IV, media pembelajaran yang menarik, bahan praktik siswa, serta latihan untuk menyelesaikan projek, memaparkan hasil persentasi. Nilai siswa mengalami peningkatan. Kesimpulannya, melalui bimbingan guru untuk memperkuat kepercayaan diri siswa dengan melakukan metode belajar sambil bermain dan berlatih persentasi secara rutin, SDN Pandeanlamper 01 dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam model pembelajaran PjBL muatan pelajaran IPAS.