Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang

Authors

  • Norma Shinta Andari Fitriani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mudzanatun Mudzanatun Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Effendi Isnuryantono D Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2341

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran IPA kelas VI di SD N Gayamsari 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD N Gayamsari 02. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan, pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran IPA di SD N Gayamsari 02 dilaksanakan dengan menggunakan dua tahap yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasian model project based learning pada pembelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar SD N Gayamsari 02 merupakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga menciptakan pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran.

Published

2023-07-01

How to Cite

Fitriani, N. S. A., Sukamto, S., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4765-4769. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2341