Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Buklet V SDN Tlogosari Kulon 01

Authors

  • Zuhruf Aji Wicaksana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Susilo Raharjo Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2352

Abstract

Penelitian yang di buat ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan guru dan Aktvitas peserta didik di kelas V melalui model pembelajaran Project based learning dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran model Project based learning yaitu model pembelajaran yang bersifat kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas V SDN Tlogosari Kulon 01 dengan subjek yang diteliti berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilakukan II siklus, setiap siklus dua pertemuan. Tahapan penelitian ini dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project based learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Hasil penelitian yang sudah dilakukan di kelas V SDN Tlogosari Kulon 01 bisa disimpulkan dengan penerapan model Project based learning berbantuan media buklet bisa meningkatkan keterampilan guru, Aktvitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan adalah guru bisa menerapkan model Project based learning dengan menggunakan media, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan.

Published

2023-07-01

How to Cite

Wicaksana, Z. A., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Buklet V SDN Tlogosari Kulon 01. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4823-4826. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2352