Strategi Guru PAI dalam Membina Moderasi Beragama Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2353Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina moderasi beragama di SMKN 10 Bandung yang mampu menciptakan kerukunan dalam interaksi sosial dan mampu menjaga keseimbangan yang tidak menyalahkan. Penelitian ini bersifat Kualitatif Deksriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data, yaitu: Data Primer dan Data Sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ni melalui wawancaera menunjukan hasil bahwa Guru PAI di SMKN 10 Bandung dalam membina moderasi beragama siswa sangat baik, melakukan pendekatan yang membuat nyaman para siswa juga terdapat strategi khusus yang digunakan dalam pembinaanya, yakni menerapkan model pembelajaran PAI berbasis ISRA (Islam rahmatan lil’alamin) yang menekankan pada penguatan materi dan disain model pembelajaran yang kolaboratif, serta bekerjasama dengan pihak ke dua untuk menanamkan nilai moderasi beragama siswa. Adapun kendala Kendala yang dialami guru PAI SMKN 10 Bandung dalam membina moderasi agama siswa yaitu: pertama, pemahaman siswa yang merasa paling benar (eklusif) dalam hal kepercayaan yang akan menghambat masuknya penyampaian materi tentang moderasi beragama, karna siswa telah merasa yang paling benar. Ke dua, tantangan digital, bagi siswa yang haus tentang keingin tahuannya terhadap agama namun tidak memiliki wadah untuk bertanya kepada ahlinya sehingga pelariannya ke internet, mengakses membaca informasi yang tidak jelas kebenarannya dan referensinya juga tidak jelas, di khawatirkan siswa membaca sesuatu yang salah dan mempengaruhi pemahamannya.