Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas II SD Negeri Tlogosari Kulon 01

Authors

  • Ayunita Hisbadina Tauqifa Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Lisa Wati Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2354

Abstract

Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas II SDN Tlogosari Kulon 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 dengan subjek 3 siswa SDN Tlogosari Kulon 01. Instrument penelitian ini: peneliti, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kesulitan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, (2) siswa kesulitan dalam menuliskan angka, (3) siswa kesulitan dalam mengenal nilai tempat pada penjumlahan dan pengurangan. 4) Siswa sering melakukan kesalahan dalam perhitungan karena kurang teliti. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada empat kesulitan yang dialami siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN Tlogosari Kulon 01.

Published

2023-07-01

How to Cite

Tauqifa, A. H., Rasiman, R., Setyawati, R. D., & Wati, L. (2023). Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Kelas II SD Negeri Tlogosari Kulon 01. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4843-4847. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2354