Upaya Meningkatkan Pengendalian Perilaku Emosional Anak Usia 4-6 Tahun melalui Peran Orang Tua dan Guru di RA. Al Miffa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2360Abstract
Pengendalian perilaku emosional pada anak usia dini merupakan hal yang penting untuk dikembangkan. Pengendalian perilaku emosional itu sendiri merupakan suatu proses di mana seseorang belajar untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengatur emosinya agar sesuai dengan situasi dan tujuan yang diinginkan. Hal ini dilakukan melalui berbagai cara seperti memberi dukungan emosional, mengajarkan teknik-teknik pengendalian emosi, dan menyediakan lingkungan yang kondusif. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam proses pengendalian perilaku emosional pada anak usia 4-6 tahun, karena mereka memberikan dukungan dan mengajarkan keterampilan yang diperlukan. Dengan bimbingan orang tua di lingkungan rumah dan guru di lingkungan sekolah, maka pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memberikan berbagai rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani maupun rohani agar memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kombinasi peran orang tua dan guru yang efektif dapat meningkatkan pengendalian perilaku emosional pada anak-anak di RA. Al Miffa.