Kompetensi Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2367Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana tentang kepemimpinan pendidikan di Sekolah Dasar. Pemimpin yang seperti apa yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan pendidikan dalam menghadapi dunia dengan keadaan yang mudah berubah guna membangun sekolah dasar yang berkualitas dan bermutu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kepustakaan (library research). Hasil dan pembahasan menunjukan bahwa dengan cara menerapkan kompetensi: (1) Mengembangkan organisasi sekolah dasar, (2) Sumber daya, (3) Mengelolah organisasi pembelajaran yang efektif, (4) Menciptakan budaya dan iklim, (5) Mengelola guru dan staf, (6) Mengelola hubungan sekolah dasar dan masyarakat dan (7) Mengelola pengembangan kurikulum. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah dengan cara: (1) Keseimbangan antara input dan outpu, (2) Memiliki visi dan misi yang jelas, (3) Memiliki kepala sekolah dan guru yang profesional, (4) Memiliki lingkungan sekolah yang kondusif, (5) Manajemen sekolah yang kuat, (7) Memiliki kurikulum (8) Melakukan penilaian dan pelaporan peserta didik dan (9) Melibatkan masyarakat untuk ikut serta mengelolah sekolah.