Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Sampangan 02 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2369Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar operasi hitung perkalian matematika kelas IV di SDN Sampangan 02. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 siswa kelas IV dari 27siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa siswa kelas IV B SDN Sampangan 02 masih kesulitan memahami konsep perkalian, kesalahan pada struktur pola menghitung, kesalahan prosedur perkalian bersusun, kurang dalam menafsirkan soal, siswa tidak hafal perkalian. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditemukan bahwa (1) Konsentrasi belajar siswa tidak bertahan lama, (2) Kemampuan mengingat siswa yang rendah, (3) Kesulitan memahami soal dan menghitung soal. Faktor lain diantaranya berasal dari: (1) Guru yang tidak menggunakan metode yang tepat, (2) Penataan tempat duduk, (3) Hubungan dan komunikasi antara guru dan siswa. Berdasarkan hal tersebut untuk peneliti selanjutnya dapat mencari solusi mengenai kesulitan belajar siswa materi operasi hitung perkalian bersusun sehingga siswa menjadi paham dan tidak lagi kesulitan belajar perkalian.