Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Problem Based Learning di SD N Pandean Lamper 04 Semarang

Authors

  • Ana Sofiatulmaula Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Nurul Huda Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ismatiningsih Ismatiningsih SDN 04 Pandean Lamper Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2373

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku di Rumah di SDN Pandeanlamper 04 dengan menggunakan model problembased learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek 28 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Selama siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah Model Problem Based Learning (PBL). Sedangkan variable terikat penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75 % pada siklus I dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang mendorong peserta didik berpikir kreatif dan aktif dalam pemecahan masalah.

Published

2023-07-04

How to Cite

Sofiatulmaula, A., Nuvitalia, D., Huda, N., & Ismatiningsih, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Problem Based Learning di SD N Pandean Lamper 04 Semarang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5071-5076. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2373