Penerapan Model Pembelajaran (Savi) Somatic Auditory Visual Intelectual dalam Meningkatkan Pemahaman Puisi (Penelitian Tindakan Kelas)

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan Mahasiswa dalam pemahaman puisi dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (somatic auditory visual    intelectual). Model pembelajaran ini memiliki pengaruh yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan  pemahaman puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu proses investigasi terkendali, yaitu untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas, proses pemecahan masalah itu dilakukan secara bersiklus dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas tertentu. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui analisis deskriptif, dengan mencari nilai rata-rata skor aktivitas secara klasikal dan prosentase dari hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa peningkatan dalam pemahaman puisi dengan model Somatic   Auditory Visual Intelectual (SAVI) yaitu 35,7% pada siklus I menjadi 65,3% pada siklus II dari total jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang dan tingkat pemerataan pemahaman juga meningkat menjadi 57,3%. Artinya, telah   terjadi peningkatan yang signifikan pembelajaran dengan model Somatic   Auditory Visual Intelectual (SAVI) yaitu: (1) Dapat meningkatkan kecerdasan secara terpadu mahasiswa secara penuh melalui penggabungan gerak fisik dengan aktivitas intelektual. (2) Ingatan mahasiswa terhadap materi yang dipelajari lebih kuat, karena mahasiswa membangun sendiri pengetahuannya. (3) Suasana dalam pembelajaran mahasiswa menjadi menyenangkan karena merasa diperhatikan sehingga tidak bosan dalam belajar. (4) Memupuk kerja sama, dan diharapkan mahasiswa yang lebih pandai     dapat membantu mahasiswa lain yang kurang pandai. (5) Menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif. (6) Mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan psikomotor mahasiswa dan (7) Dapat memaksimalkan konsentrasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran.

Published

2023-07-04

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran (Savi) Somatic Auditory Visual Intelectual dalam Meningkatkan Pemahaman Puisi (Penelitian Tindakan Kelas). (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5055-5064. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2375