Analisis Habits of Mind pada Pelajaran Matematika Siswa SMA di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

Authors

  • Ratih Wulandari Mahasiswa Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Indri Astuti Dosen Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Afandi Afandi Dosen Program Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2383

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey ini bertujuan mendeskripsikan kebiasaan berfikir (Habits of Mind) Siswa SMA di Kabupaten Sambas kalimantan Barat, pada pelajaran matematika. kuesioner terbuka disusun berdasarkan 16 indikator habits of mind terdiri dari 49 pernyataan positif dan negatif. responden berjumlah 72 siswa terdiri dari 36 pria dan 36 wanita dari 36 SMA baik Negeri dan Swasta di Kabupaten Sambas Kal-bar, yang ditentukan melalui tehnik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil respon subjek terhadap angket habits of mind melalui google form, melalui pilihan dengan skala likert rentang 1 sampai dengan 4. Disimpulkan pada indikator bertahan diperoleh persentase 70%, menyelesaikan dengan teliti 74%, berempati 72%, berfikir luwes 81%, metakognitif 70%, berfikir dengan teliti 66%, bertanya secara efektif 66%, beranalogi 72%, berkomunikasi dengan jelas 56%, solusi dengan berfikir intuitif 70%, berinovasi 60%, bersemangat dalam merespon 72%, bertanggung jawab 65%, humoris 83%, berfikir saling menguntungkan 79% dan belajar berkelanjutan 77% dengan rata-rata persentase indikator Habits of Mind Siswa SMA kab sambas Kalbar 71% dengan kategori sikap siswa tergolong Kuat.

Published

2023-07-02

How to Cite

Wulandari, R., Astuti, I., & Afandi, A. (2023). Analisis Habits of Mind pada Pelajaran Matematika Siswa SMA di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4944-4951. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2383