Analisis Resepsi Remaja pada Nilai Budaya dan Religius dalam Iklan Sirup Marjan (Edisi Baruna Sang Penjaga Samudera)

Authors

  • Ririn Puspita Tutiasri Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2386

Abstract

Iklan memilki kadungan nilai tertentu untuk menambah daya tarik bagi orang yang melihat iklan tersebut. Nilai itu yang menjadikan orang tertarik untuk mengenal produk yang ditawarkan, membeli, serta menyarankan produk tersebut kepada orang lain. Salah satu iklan yang menarik karena dalam setiap edisi selalu memperbarui temanya, adalah iklan sirup Marjan. Iklan sirup Marjan menarik untuk diteliti karena tidak hanya sebagai media promosi tetapi mengandung nilai budaya serta religius. Nilai budaya yang diusung oleh iklan Marjan mengangkat budaya dari cerita rakyat yang ada di Indonesia. Suatu bangsa dibentuk oleh kebudayaan daerah, karena konsep suku bangsa sama dengan kebudayaan daerah. Pola kegiatan masyarakat yang dilakukan merupakan suatu kebudayaan, faktor geografis merupakan pembentukan keragaman budaya. Sedangkan nilai religius dimana iklan Marjan mengambarkan kemenangan serta berbagi pada momentum bulan ramadhan serta hari raya idul fitri. Penelitian ini ingin melihat bagaimana analisis resepsi remaja pada nilai budaya dan religius dalam iklan sirup Marjan edisi “baruna sang penjaga samudera”.

Published

2023-07-02

How to Cite

Tutiasri , R. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja pada Nilai Budaya dan Religius dalam Iklan Sirup Marjan (Edisi Baruna Sang Penjaga Samudera). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4961-4967. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2386