Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal

Authors

  • Agita Misriani IAIN Curup, Indonesia
  • Shesilia Cintari IAIN Curup, Indonesia
  • Nuriza Zulyani IAIN Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan relevansi atau kebergunaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal guna menuju peserta didik yang berkarakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional atau bahasa negara. Standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonsia berorientasi pada hakikat pembelajaran bahasa, bahwa belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi dan belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaannya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis serta menimbulkan penghargaan terhadap hasil cipta manusia. Melalui pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik diharapkan menjadi pribadi yang dapat menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, pembelajaran bahasa Indonesia juga memiliki peranan yang amat penting dalam pemertahanan budaya dan adat istiadat di Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal merupakan salah satu cara yang efektif untuk melestarikan eksistensi kebudayaan lokal melalui pembelajaran terpadu di sekolah.

Published

2023-09-02

How to Cite

Misriani, A. ., Cintari, S. ., & Zulyani , N. . (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131-7136. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392