Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gender dan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2408Abstract
Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gender dan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
Kemampuan berpikir kritis siswa memiliki kaitan erat dengan gaya kognitif yaitu bagaimana menyelesaikan suatu tugas, merancang prosedur, dan dapat memberikan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis secara tidak langsung salah satunya adalah perbedaan gender. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana siswa SMP menyelesaikan masalah matematika materi aljabar ditinjau dari gender dan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif field Independent (FI) dan field Dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa perempuan bergaya kognitif FD dengan kemampuan berpikir kritis sedang dalam masalah aljabar lebih dominan dalam membangun keterampilan dasar daripada siswa laki – laki, 2) Siswa laki - laki bergaya kognitif FI dengan kemampuan berpikir kritis sedang dalam masalah aljabar dominan dalam membangun keterampilan dasar. Siswa perempuan dominan dalam memberikan penjelasan sederhana, serta 3) Siswa perempuan bergaya kognitif FI dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dalam masalah aljabar dominan dalam memberikan penjelasan sederhana daripada siswa laki-laki.