Kesalahan Pengucapan Bunyi oleh Siswa dalam Membaca Al-qur’an di MTs Bima NTB (Kajian Fonologis)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2436Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan pengucapan bunyi oleh siswa Mts Al-Qalam Bima dalam membaca al-Qur'an, mendeskripsikan faktor kesalahan pengucapan dan cara mengurangi terjadinya kesalahan bunyi yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode rekaman suara dan simak kemudian ditulis dan dicatat sehingga mudah mengklasifikasikannya. Hasil dari penelitian ini ialah; Pertama, bentuk kesalahan pengucapan bunyi dalam membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII Mts Al-Qalam Bima seperti kesalahan konsonan dalam kelompok tenggorokan dan kelompok lidah, kesalahan vokal seperti kesalahan penghilangan vokal, kesalahan pergantian vokal, dan kesalahan vokal panjang pendek; kesalahan diftong, dan yang keempat kesalahan konsonan ganda. Kedua, Faktor perubahan terletak pada cara artikulasi alveo-palatal, inter-dental, pharyngeals, alveolars, Uvulars stop, Uvular frikative, dento-alveolar, glottal dan velar frikative. Metode untuk mengurangi kesalahan pengucapan bunyi dilakukan oleh siswa dengan cara meningkatkan belajar, mengenali huruf hijaiyyah, mengulang bacaan, dan mendengarkan murattal. Selain itu, guru memberikan motivasi, mengasah hafalan dan memulai pelajaran dengan membaca Al-Qur'an.