Efektivitas Model Pembelajaran Example Non Example dan Numbered Head Together Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Matematika Fase A di Gugus Dwija Wiyata Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2441Abstract
Tujuan dilakukannya kegiatan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Example Non Example terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi dan model pembelajaran Numbered Head Togther terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi ditinjau dari hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa fase A di Gugus Dwija Wiyata Boyolali. Jenis penelitian yang dijadikan sebagai acuan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas I di gugus Dwija Wiyata yang terletak di wilayah Kabupaten Boyolali. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan teknik Cluster Sampling, dimana total sampel yang digunakan sebanyak 2 sekolah dasar yaitu SD Negeri 2 Ngadirojo dan SD Negeri Sampetan. Hasil pengolahan data menggunakan uji T-test menunjukkan nilai signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Numbered Head Together terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi ditinjau dari hasil belajar mata pelaajaran matematika kelas 1 gugus Dwija Wiyata.