Pengaruh Intensitas Gadget, Literasi Digital, Pola Asuh Orang Tua terhadap Sosial Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2456Abstract
Intensitas gadget merupakan tingkat keseringan seseorang dalam melakukan menggunakan gadget untuk kebutuhan sehari-hari atau sebagai hiburan. Literasi digital merupakan kesadaran individu dalam memanfaatkan fasilitas digital secara tepat seperti mengakses sebuah informasi, penguasaan perangkat digital secara fungsional melalui evaluasi dan analisis sebuah informasi, sebagai sumber belajar untuk membangun pengetahuan baru dan sarana komunikasi sebagai ekspresi media individu atau kelompok. Pola asuh merupakan cara orang tua dalam mendidik anak dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang dilakukan secara konsisten. Sosial emosional pada anak usia dini adalah perkembangan yang berhubungan dengan sosial dan emosional meliputi aspek kemampuan bersosialisasi dan mengendalikan emosi, dimana kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan usia anak dan tingkat pencapaian perkembangan anak melalui stimulasi yang diperoleh dalam sebuah kegiatan emosional yang termasuk ke dalam indikator anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 106. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas gadget, literasi digital dan pola asuh orang tua memberikan pengaruh sebesar 66,8% pada sosial emosional anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas gadget, literasi digital, dan pola asuh orang tua terhadap sosial emosional anak. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 33.2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.