Efektivitas Model Discovery Learning (DL) dan Group Investigasi (GI) terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2464Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar berasal beberapa faktor eksternal adalah sekolah dan guru. Sekolah selalu terlibat dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi di Gugus Tanggungharjo guru kurang bervariasi dalam penggunaan model pembelajaran. guru lebih keseringan menerapkan metode ceramah, Untuk hal itu akan membuat siswa cenderung pasif. Proses belajar di dalam juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa dari SD Negeri 3 Ngambakrejo dan 31 siswa dari SD Negeri Ngambakrejo 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eskperimen dengan jenis penelitian menggunakan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan program SPSS for windows versi 20. Serta uji analisis statistik pada penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T atau uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Paired Sample T-Tes nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 4. Serta rata-rata hasil posttest dari kelas eskperimen adalah 81,67 sedangkan di kelas eksperimen 2 hasil rata-rata skor posttest adalah 65,10. Perbedaan rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas eksperimen 2 adalah 16,57.