Manajemen Life Skill Kesetaraan Paket C untuk Kesiapan dalam Memasuki Lapangan Kerja di PKBM Bina Bangsa Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2467Abstract
Manajemen Life Skill Kesetaraan Paket C untuk Kesiapan dalam Memasuki Lapangan Kerja di PKBM Bina Bangsa Kabupaten Karawang
Penelitian ini dilatarbelakangi keberadaan pendidikan nonformal dapat memberikan dampak positif bagi pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat. Hal ini sejalan dengan kebijakan pembangunan pendidikan Nasional diarahkan untuk mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen life skill kesetaraan paket C untuk kesiapan dalam memasuki lapangan kerja di PKBM Bina Bangsa Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi life skill pada Program Kesetaraan Paket C untuk membekali warga belajar yang siap memasuki lapangan kerja di PKBM Bina Bangsa Kabupaten Karawang sudah berjalan dengan baik karena sudah dilaksanakan dengan pendekatan manajemen pendidikan berdasarkan fungsi-fungsi dari manajemen. Dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen pendidikan tersebut, penyelenggaraan life skill pada Program Kesetaraan Paket C pada masa pandemi sesuai dengan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yaitu tentang pembelajaran di masa pandemi. Pengembangan dan pelatihan bagi tutor dilakukan pelatihan kompetensi yang sifatnya berlanjut dalam rangka mengoptimalkan tutor dalam pelaksanaan life skill pada program kesetaraan paket C untuk membekali warga belajar yang siap memasuki lapangan kerja.