Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X AKL di SMK Negeri 1 Sragen
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2472Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengengetahui mengetahui hal apa sajakah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran spreadsheet di SMK Negeri 1 Sragen, mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran spreadsheet di SMK Negeri 1 Sragen dan menganalisis upaya yang sudah dilakukan siswa dan pihak sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran spreadsheet di SMK Negeri 1 Sragen. Penelitian ini adalah kualitatif, penelitian kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain studi kasus. Hasil penelitian kesulitan belajar pada mata pelajaran spreadsheet yang dialami oleh peserta didik dikarenakan cara belajar yang digunakan tidak efektif dan efisien, kurangnya pemahaman tentang materi yang disampaikan oleh guru, tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pembelajaran karena materi pembelajaran terlalu banyak. Siswa rata-rata juga mengalami kesulitan belajar tentang materi yaitu antara lain; fungsi logika dan fungsi matematika. Untuk pembelajarannya cepat lupa materi yang disampaikan, saat memahami pembelajaran di laboratorium komputer kurang paham, sulit memahami rumus, penyempaian materi terlalu cepat. Upaya yang harus dilakukan guru yang diterapkan ketika pembelajaran spreadsheet perlu ada pendampingan karena di laboratorium komputer. Ketika siswa mampu atau bisa memiliki kemampuan yang lebih guru menarik untuk menjadi pendampingnya untuk mendampingi siswa yang belum mampu.