Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA Negeri 9 Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.248Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperiment dengan Non-Equaivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu,variabel bebas berupa kelas kontrol dan kelas eksperiment. Sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan IX B SMA Negeri 9 Kota Ternate dengan jumlah siswa 52 siswa yang terbagi atas kelas kontrol (26) dan kelas eksperiment (26). Penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa Pre-test dan posttest. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (mengunakan teknik analisis Chi kuadrat) dan uji homogenitas validitas instrument. Reabilitas instrument tes hitung dengan rumus. Diperoleh r = 0,827 yang berarti reabilitas instrument sangat tinggi.Teknik analisis data menggunkan uji-t kelompok terpisah (independent sample test).Uji-t digunakan unutk mengetahui perbidaan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Pre-test kelas kontrol sebesar 47,19 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 78,75 sedangkan pada kelas eksperiment dengan nilai rata-rata Pre-test sebesar 49,22 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 86,88,Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebsar 31,56 dan kelas eksperiment sebesar 37,66. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada materi Geografi Hidrologi di SMA Negeri 9 Kota Ternate. Analisis hasil tes siswa yang diuji dengan uji-t dengan porelahan thitung> ttabel (5,183>1,671).