Manajemen Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Siswa di SMPIT Darul Abror Garut
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2482Abstract
Salah satu ciri belajar IPA adalah belajar konstruktivistik. Artinya, pembelajaran yang menekankan pada pengalaman dan pengetahuan siswa untuk memudahkan interpretasi seluruh informasi yang dapat diterima oleh pikiran siswa. Namun kenyataaanya banyak pembelajaran IPA hanya mengulas materi yang sudah disajikan di buku. Pengalaman belajar siswa terpaku pada materi bukan penemuan. Hal ini berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang hanya mengikuti kegiatan belajar namun tidak membuka diri untuk belajar. Untuk itu, perlu adanya manajemen keterampilan mengajar guru terutama pada aspek keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa manajemen yang dilakukan yakni pada tahap perencanaan melalui RPP atau modul ajar, pengorganisasian dengan menentukan metode ajar dan mengarahkan siswa sesuai dengan metode yang dilakukan, pelaksanaan pembelajaran dengan melakukan tahapan membuka pelajaran yakni menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, meninjau kembali dan memberi tindak lanjut. Sedangkan menutup pelajaran adalah meninjua kembali, evaluasi dan memberi tindak lanjut. Motivasi yang dapat dibangun berdasarkan determinasi diri adalah kompetensi, koneksi dan otonom.