Implementasi Program Master Class Day dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di MI Al Lathif

Authors

  • Ade Tutty Rokhayati Rosa Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Endar Suhendar Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Fitri Hidayatillah Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2490

Abstract

Implementasi Program Master Class Day dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di MI Al Lathif

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kecakapan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan mampu memcahkan masalah. Namun pembelajaran yang mengedepankan pada kemampuan tersebut belum dapat dilaksanakan dengan maksimal. Madrasah sebagai Pendidikan generasi muslim mensinergikan pengetahuan dan pengetahuan keagamaan. Hal ini memberikan anggapan di masyarakat bahwa Pendidikan umum di madrasah tidak optimal. Perlu adanya inovasi pembelajaran di madrasah agar siswa madrasah memiliki kemampuan untuk unggul pada aspek tertentu sesuai minat dan bakatnya. Program Master Class Day di MI Al Lathif merupakan terobosan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Untuk itu, perlu kajian mengenai implementasi program tersebut. Metode yang digunakan studi kasus dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh adalah dalam mengimplementasikan program master class day diperlukan perencanaan, pengorgranisasian, kepegawaian, pemotivasian dan pengawasan. Setelah dilaksanakan program tersebut, beberapa pencapaian telah diperoleh oleh MI Al Lathif. Namun, program ini tidak bisa digunakan di madrasah pada umumnya karena memerlukan berbagai penyesuaian.

Published

2023-08-01

How to Cite

Tutty Rokhayati Rosa, A. ., Cepi Barlian, U. ., Suhendar, E. ., & Hidayatillah, F. . (2023). Implementasi Program Master Class Day dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di MI Al Lathif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6030-6036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2490