Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik SMP Kiansantang Bandung

Authors

  • Deti Rostini Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Emay Mastiani Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Mustafa Reza Raihan Sind Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Syarip Hidayat Sutisna Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2514

Abstract

Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik SMP Kiansantang Bandung

Keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan akan sangat tergantung kepada manajemen komponen-komponen pendukung pelaksanaan kegiatan seperti kurikulum, peserta didik, pembiayaan, tenaga pelaksana, serta sarana dan prasarana. Komponen tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya mencapai tujuan lembaga pendidikan, artinya bahwa satu komponen tidak lebih penting dari komponen lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas peserta didik SMP Kiansantang Bandung. Metode yang digunakan studi kasus dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan kualitas peserta didik SMP Kiansantang Bandung sebagaimana di bagian perencanaan, berfokus pada bidang kurikulum, kesiswaan, serta sarana dan prasarana. Bidang kurikulum berfokus pada wilayah akademis, bidang kesiswaan berfokus pada wilayah non-akademis, serta sarana dan prasarana pada fasilitas penunjang bagi peserta didik.

Published

2023-08-01

How to Cite

Rostini, D. ., Mastiani, E. ., Sind, M. R. R., & Sutisna, S. H. (2023). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik SMP Kiansantang Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6094-6100. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2514