Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari

Authors

  • Mulyana Sukarnih Putri Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rivo Panji Yudha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2516

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperjelas proses pembelajaran keterampilan sosial anak usia dini menggunakan media boneka jari pada kelompok A, dan (2) memperjelas hasil peningkatan keterampilan sosial pada anak usia dini menggunakan media boneka jari pada kelompok A. adalah menjadi Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elliott Model Class Action Investigation yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus menggunakan tiga teknik pengumpulan data berupa evaluasi proses, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi yang terdiri dari tindakan. Berdasarkan data yang diperoleh, terlihat bahwa indeks 1 mengalami peningkatan sebesar 7,58% pada Siklus I, 33,33% pada Siklus II, dan 63,64% pada Siklus III. Kemudian untuk indikator 2, Siklus I persentasenya 4,54%, Siklus II persentasenya 36,36%, dan Siklus III persentasenya 65,15%. Selain itu, Metrik 3 meningkat sebesar 0,00% pada Siklus I, 27,27% pada Siklus II, dan 66,67% pada Siklus III. Saran yang peneliti kemukakan untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan metodologi, strategi, dan media yang berbeda untuk mengatasi permasalahan yang muncul sehingga dapat memberikan masukan dan wawasan baru.

Published

2023-08-01

How to Cite

Putri, M. S., & Yudha, R. P. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6101-6107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2516