Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka

Authors

  • Hasmira Hasmira Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Rivo Panji Yudha Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan kegiatan permainan sandiwara boneka dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik di RA Alkhairaat (2) meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui permainan sandiwara boneka di RA Alkhairaat Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di RA Alkhairaat tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi permainan sandiwara boneka meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan awal berupa apersepsi dan pengenalan tokoh, pada kegiatan inti guru menunjukkan permainan sandiwara boneka, dan kegiatan akhir peserta didik menceritakan kembali dengan permainan sandiwara boneka. (2) permainan sandiwara boneka dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Peningkatan prosentase keterampilan berbicara dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan 40,13 %, siklus I mencapai 61,08 %, siklus II mencapai 79,74 %.

Published

2023-08-03

How to Cite

Hasmira, H., & Yudha, R. P. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6401-6410. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2517