Market Day Metode Bermain Literasi Finasial yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2520Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengumpulkan data jumlah guru yang melaksanakan metode bermain yang menyenagkan untuk perubahan dalam anak mengenal literasi finansial, (2) Untuk mengumpulkan data bagaimana implementasi proses metode bermain literasi finasial yang menyenagkan di satuan PAUD, (3) Mengimplementasi Kebijakan Pemerintah untuk melaksanakan bermain yang menyenangkan sesuai kebutuhan perkembangan anak, (4) Membuat analisis kritis mengenai pembelajaran Market Day merupakan Metode bermain literasi finansial yang baik untuk proses pengenalan baca, tulis dan berhitung bagi anak usia dini, (5) Membuat laporan Refleksi untuk data yang di analisis dan menginformasikan kepada pihak terkait. Dari hasil penelitian yang di lakukan dan perkembangan dari siklus yang di laksanakan terlihat bahwasannya di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain market day bagi anak usia dini sangat di perlukan dalam menggenalkan dasar-dasar literasi finansial dan di implementasi pada proses pembelajaran melalui bermain, baik bermain peran, maupun kegiatan main lainnya yang akan mendukung kemenarik anak tersebut dalam menerima pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang literasi dan numerasi bagi anak di satuan PAUD.