Analisa Potensi Bersaing Pasar Tradisional Terhadap Pasar Modern di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.253Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bersaing pasar tradisional di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka metodologi yang digunakan yaitu dengan menggunakan parameter bauran pemasaran (marketing mix) yaitu harga produk, promosi dan tempat. Dalam penelitian ini diambil 75 pengunjung pasar sebagai sampel dari populasi pelanggan pasar tradisional dengan cara interview dan pemberian kuesioner. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan data ini menggunakan purposive sampling non probabilitas dimana sampel yang diambil adalah sampel yang pernah ke Pasar Modern dan Pasar Tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasar Modern memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Pasar Tradisional. Namun ada 2 (dua) variabel yang menunjukkan potensi keunggulan dari Pasar Tradisional dibandingkan dengan Pasar Modern yakni tentang harga dan tempat pembelanjaan yang selalu direkomendasikan oleh konsumen. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kunjungan konsumen ke Pasar Tradisional menunjukkan ada beberapa faktor, sekaligus faktorkator yang harus dibenahi dalam pengelolaan Pasar Tradisional diantaranya Harga, Kualitas Produk, Variasi Produk, Lokasi, Kenyamanan, Kualitas Pelayanan, Promosi, Parkir, Kemananan, Merk. Faktor-faktor tersebut disusun berdasarkan nilai-nilai dominasi dari persepsi sampel, Faktor-Faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan kunjungan ke Pasar Tradisional adalah Harga, Kualitas Produk, Variasi Produk, Lokasi, Kenyamanan.