Pembingkaian Berita Polemik Bisnis PCR dan Antigen pada Media Online Detik.com dan Kompas.com

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2541

Abstract

Penelitian ini membahas analisis framing berita polemik bisnis PCR dan Antigen yang ada di Indonesia pada media online Detik.com dan Kompas.com periode November 2021. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini yaitu paradigma konstruktivis dengan menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman yang memiliki teknik analisis yaitu pendefinisian masalah (define problems), memperkirakan sumber-sumber masalah (diagnose causes), membuat keputusan moral (make moral judgement), dan memberikan penyelesaian (treatment recommendation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diantara Detik.com dan Kompas.com membingkai peristiwa yang sama yaitu terkait polemik bisnis PCR dan Antigen secara berbeda. Pada portal berita Detik.com lebih banyak menampilkan berita-berita terkait penolakan atas tuduhan tentang isu bisnis PCR atau antigen yang terjadi pada pemerintahan, sehingga Detik.com terkesan berpihak pada pemerintah karena kurangnya kenetralan dalam menyajikan sebuah pemberitaan. Berbanding terbalik dengan portal berita online Kompas.com dalam menyajikan sebuah berita terkait isu polemik bisnis PCR atau antigen, karena Kompas.com lebih mengkritik pemerintah terkait isu bisnis PCR dan antigen. Sehingga Kompas.com memiliki opini tersendiri terhadap pemerintah dalam menangani isu yang tersebar dalam masyarakat Indonesia.

Published

2023-08-01

How to Cite

Pembingkaian Berita Polemik Bisnis PCR dan Antigen pada Media Online Detik.com dan Kompas.com. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5565-5572. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2541