Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Proses pada Peserta Didik Kelas 5C SD

Authors

  • Muhammad Zaenal Fais Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ulin Nikmah SD Supriyadi Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2542

Abstract

Pada kegiatan penelitian ini dilakukan untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses pada peserta didik di kelas 5C SD Supriyadi Semarang dengan menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan tes angket yang diberikan kepada peserta didik dan guru, penerapan metode kualitatif pada pembelajaran berdiferensiasi proses dengan gaya belajar peserta didik yang meliputi gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan juga gaya belajar kinestetik. Dengan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan membuat poster, gaya belajar peserta didik auditori lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan melantunkan nyanyian, gaya belajar kinestatik lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan membuat pagelaran tarian. Dari kegiatan penelitan yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses cocok untuk semua kegiatan pembelajaran di kelas dengan berkelompok maupun individu, namun dalam gaya belajar peserta didik yang paling dominan pada pembelajaran berdiferensiasi proses adalah gaya bealajar kinestetik oleh peserta didik.

Published

2023-08-01

How to Cite

Fais, M. Z., Damayani , A. T., Pramasdyahsari , A. S., & Nikmah , U. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Proses pada Peserta Didik Kelas 5C SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5573-5577. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2542