Sekolah Efektif pada SDN 34/1 Teratai

Authors

  • Violyta Putri Nanda Universitas Jambi, Indonesia
  • Mifta Huljannah Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membuat Sekolah Dasar Negeri (SDN) 34/1 Teratai menjadi sekolah yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat faktor yang berkontribusi pada efektivitas sekolah, yaitu kepemimpinan yang kuat, guru yang berkualitas, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan dukungan orang tua dan masyarakat. Kepemimpinan yang kuat ditunjukkan oleh kepala sekolah yang visioner dan mampu memotivasi guru dan siswa. Guru yang berkualitas ditandai dengan kemampuan mengajar yang baik dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap profesi mereka. Kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa mengacu pada pengembangan keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung serta mempertimbangkan kebutuhan individu siswa. Dukungan orang tua dan masyarakat diwujudkan dalam bentuk partisipasi dalam kegiatan sekolah dan memberikan dukungan finansial.

Published

2023-08-01

How to Cite

Nanda, V. P., Huljannah, M., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Sekolah Efektif pada SDN 34/1 Teratai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5584-5591. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2544