Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2545Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa melalui penerapan metode bernyanyi. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs. Teknik atau pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan sampel purpose. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik, pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil peneliti menggunakan taraf signifikansi 1 % (0,01) dengan d.b = (N-1) = 36-1 = 35, maka diperoleh ttabel 3,5 sedangkan thitung yang diperoleh adalah 7,71. Dari pengujian signifikansi tersebut dapat diketahui thitung lebih besar daripada ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan terhadap kosakata bahasa Arab siswa. Dalam pembelajaran ini siswa mampu menguasai kosakata bahasa Arab cukup baik.