Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir

Authors

  • Nia Daniati STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusda Novianti STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia
  • Kahar Mashuri STKIP Al-Maksum Langkat, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2547

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa/i pada pembelajaran IPS dikelas VII SMP PAB 7 tandam hilir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Adapun subjek penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah siswa/siswi kelas VII-1 di SMP PAB 7 Tandam Hilir. Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran berbasis canva terhadap siswa/siswi kelas VII-1 di SMP PAB 7 Tandam Hilir menunjukan sebuah tanggapan yang sangat positif terhadap motivasi belajar siswa. dimana respon dari siswa maupun siswi terhadap media pembelajaran berbasis canva sangatlah setuju jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Bisa disimpulkan bahwa media belajar berbasis canva pada materi pembelajaran IPS mampu meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi kelas VII-1 di SMP PAB 7 Tandam Hilir.

Published

2023-08-01

How to Cite

Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. . (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611-5617. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2547