Implementasi Metode Pembelajaran Snowball-Throwing Program Studi Operasi Pesawat Udara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2552Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa baik metode pembelajaran snowball-throwing telah diterapkan di Program Studi D3 Operasi Pesawat Udara dan untuk menganalisis dampaknya terhadap hasil dan motivasi belajar dari siswa. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan (action research), menfokuskan pada perbaikan praktik pembelajaran di lapangan dan metode penelitian tindakan juga memungkinkan pengambilan tindakan langsung dan evaluasi terhadap perubahan yang dilakukan. Populasi dan sampel penelitian adalah 85 responden Program Studi D3 Operasi Pesawat Udara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengenalan metode pembelajaran snowball-throwing sangat efektif meningkatkan hasil dan motivasi belajar dari siswa. Metode ini melatih siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, meningkatkan interaksi sosial di kelas dan mendorong pemecahan masalah secara kreatif. Dari temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pembelajaran snowball-throwing untuk instruksi di kelas disarankan. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi perbaikan metodologi pengajaran pada API Banyuwangi dan lembaga pendidikan lainnya.