Efektivitas Desentralisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN 34/I Teratai

Authors

  • Syafrida Dwi Hestiana Universitas Jambi, Indonesia
  • Fadelina Wizola Diva Universitas Jambi, Indonesia
  • Meli Haryanti Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2554

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuideskripsi dan implikasi desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah tersebut. Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Desentralisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN 34/I Teratai: (1) Desentralisasi pendidikan merupakan pemberian kewenangan kepada daerah untuk mengelola pendidikannya, lalu daerah melimpahkan kepada masing-masing sekolah (2) Pemerintah pusat tetap mengontrol pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan masing-masing sekolah melalui akreditasi nasional yang dilaksanakan oleh BAN-SM (3) Aspek-aspek yang menjadi kewenangan sekolah dalam melaksanakan desentralisai pendidikan yakni: (a) Perencanaan dan evaluasi program sekolah, (b) Aspek pengelolaan proses belajar, (c) Aspek pengelolaan ketenagaan, (d) Aspek pengelolaan keuangan. Desentralisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN 34/I Teratai: (1) Program sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dapat terlaksana dengan baik (2) Masing-masing guru berupaya meningkatkan pengelolaan proses belajarnya sebagai implikasi dari pelaksanaan supervisi (3) Sekolah memiliki tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan dan (4) Pengelolaan keuangan yang dilaksanakan oleh sekolah dapat memotivasi guru untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

Published

2023-08-01

How to Cite

Hestiana, S. D., Diva, F. W., Haryanti, M., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Efektivitas Desentralisasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDN 34/I Teratai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5624-5629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2554