Kontribusi Pendidikan Pesantren dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2556Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Kontribusi Pendidikan Pesantren di SMK Terpadu Ad-Dimyati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik dan pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumetasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan kontribusi besar Pendidikan pesantren dalam pembentukan karakter religius siswa di SMK Terpadu Ad-Dimyati, Dalam pembentukan karakter religius siswa sekolah menerapkan kurikulum Pendidikan pesantren yang terdiri dari beberapa program pembiasaan seperti kajian kitab ta’lim muta’allim, sholat dhuha berjamaah, Hapalan al-qur’an surat-surat pilihan, pembacaan tawasul dan isthighosah, sholat dzuhur berjamaah, Pelatihan ceramah, Dan sebagainya. Ada pula program tambahan sekolah berupa kegiatan safari pesantren dan seminar keagamaan yang bekerja sama dengan Lembaga-lembaga luar sekolah. Faktor penghambat dalam pelaksanaan Pendidikan karakter religius ini berupa latar belakang siswa yang berbeda beda sedangkan factor pendukung/pendorong pelaksanaan Pendidikan karakter religius ini meliputi program sekolah itu sendiri, Komunikasi antar sesama guru serta keseimbangan seluruh warga sekolah untuk menjalankan program tersebut.