Hubungan Digital Story Telling dengan Perilaku Impulsive Buying Remaja

Authors

  • Pandhu Tanoyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Sumardjijati Sumardjijati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Ririn Puspita Tutiasri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan storytelling akun tiktok @dictionarei sebagai variabel bebas dengan perilaku impulsive buying remaja di Surabaya sebagai variabel terikat. Teori yang digunakan sebagai landasan dari penelitian adalah teori S-R oleh Wilbur Schramm. Metodelogi pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasi objek pengikut akun @dictionarei sebanyak 3 juta. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melaui google form kepada 100 responden.  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitan terdiri dari korelasi rank spearman dan juga Uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan diantara dua variabel penelitian dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,999. Nilai koefisien juga menunjukkan hubungan antara storytelling akun tiktok @dictionarei termasuk hubungan positif.  Selain itu, berdasarkan dari hasil uji t dengan taraf signifikansi 5% diketahui ttest > ttabel, dengan nilai 22,1 > 1,984 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Published

2023-08-01

How to Cite

Tanoyo, P., Sumardjijati, S., & Tutiasri, R. P. (2023). Hubungan Digital Story Telling dengan Perilaku Impulsive Buying Remaja. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5668-5676. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2557