Penerapan Metode Gramatika Terjemah sebagai Upaya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Shelly Septiani Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Imam Asyrofi Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2558

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar seorang pendidik dapat dengan mudah menerapkan metode Gramatika Terjemah pada mata pelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan paradigma document studies dan  focused interview yang memfokuskan diri melalui pemotretan berbagai data yang dapat menunjang evaluasi hasil belajar dari penerapan metode ini. Tahapan yang dilalui pada penelitian ini diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka, dapat diketahui penerapan metode Gramatika Terjemah pada mata pelajaran bahasa Arab ini menekankan pembelajaran bukan hanya pada penerjemahannya saja melainkan dikaji lebih dalam untuk mengetahui kaidah dari struktur bahasa itu sendiri karena yang membedakan bahasa Arab dengan bahasa lain terletak pada kekayaan makna dan keindahan strukturnya. Jika lafadz dalam bahasa Arab berubah, maka makna yang terkandung pun akan berbeda. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Gramatika Terjemah ini sangat penting diterapkan pada siswa sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab. Dengan metode ini, siswa dapat menerjemahkan teks mbacaan bahasa Arab dengan mudah sesuai dengan situasi dan kondisi struktur gramatika dalam teks tersebut.

Published

2023-08-01

How to Cite

Septiani, S., & Asyrofi, I. (2023). Penerapan Metode Gramatika Terjemah sebagai Upaya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5677-5682. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2558