Pengaruh Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Perbendaharaan Mufrodat Siswa

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat atau mengetahui pengaruh perbendaharaan mufrodat siswa melalui penggunaan metode Qira’ah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pre-experimental designs. Teknik atau pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan posttest, dalam pengambilan sampel nya peneliti menggunakan sampel purpose. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic, pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Qira’ah dapat berpengaruh terhadap perbendaharaan mufrodat siswa yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil peneliti menggunakan taraf signifikansi 1 % (0,01) dengan d.b = (N-1) = 19-1 = 18, maka diperoleh ttabel 1,8 sedangkan thitung yang diperoleh adalah 2,24. Dari pengujian signifikansi tersebut dapat diketahui thitung lebih besar daripada ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode Qira’ah dapat berpengaruh terhadap perbendaharaan mufrodat siswa. Dalam pembelajaran ini siswa mampu memahami teks bahasa Arab dengan benar dan mampu menguasai mufrodat yang cukup baik.

Published

2023-08-01

How to Cite

Pengaruh Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Perbendaharaan Mufrodat Siswa. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5709-5715. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2562