Penerapan Teknik Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel (Penelitian Tindakan Kelas)

Authors

  • Achmad Suherman Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan teknik Parafrase. Bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas atau PTK, yaitu deskriptif datanya, dengan mencari nilai rata-rata skor aktivitas secara klasikal dan prosentase dari hasil belajar.Subjek penelitiannya adalah 30 orang Mahasiswa semeter VII Universitas Singaperbangsa Karawang, terdiri 12 orang Mahasiswa Laki-laki dan perempuan sebanyak 18 orang, karena banyaknya mahasiswa yang belum mampu dalam menulis artikel menggunakan teknik parafrase, Peneliti berupaya melakukan perbaikan pembelajaran dalam menulis artikel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes kemampuan menulis wacana parafrase. Proses pembelajaran lebih menekankan pada konteks pemahaman analisis artikel. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan  bahwa menulis artikel dengan teknik parafrase wacana dialog yang dilakukan diduga mampu meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam menulis artikel Hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa peningkatan dalam pembelajaran menulis artikel dengan teknik parafrase yaitu 66,4% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II dari total jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang dan nilai rata-rata pemahaman juga meningkat menjadi 72,60 Artinya, telah  terjadi peningkatan yang signifikan.

Published

2023-08-01

How to Cite

Suherman, A. (2023). Penerapan Teknik Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Artikel (Penelitian Tindakan Kelas). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5735-5744. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2566