Kepemimpinan Kepala Sekolah SDN 56/I Desa Aro dalam Menciptakan Sekolah Efektif
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2569Abstract
Sekolah merupakan lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, pembimbingan bagi peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta mengembangkan potensi dan keahlian peserta didik. Dalam menjalankan sebuah lembaga tentunya terdapat seorang pemimpin dalam lembaga tersebut. Dalam hal ini, pemimpin di sekolah dinamakan kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki jabatan tertinggi sekolah dan peranan penting dari segala sesuatu yang ada di sekolah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case studi). Penelitian kualitatif adalah suatu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data non numerik, seperti kata-kata, gambar, dan suara, untuk memahami fenomena sosial yang kompleks. Penelitian ini berfokus pada satu sekolah yang menjadi objek penelitian, yaitu SDN 56/1 Desa Aro. kepemimpinan Kepala sekolah di SDN 65/I Desa Aro dapat memberikan dampak yang baik dan setiap unsur yang terdapat di sekolah tersebut dapat memuat setiap poin yang ada di sekolah tersebut dengan bimbingan kepala sekolahnya. Contohnya adalah setiap anak yang meraih prestasi di sekolah tersebut diberikan suatu penghargaann ataupun pemberian penghargaan berupa hadiah diberikan baik dalam bentuk materi maupun yang lainnya. kepemimpinan adalah kemampuan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain dengan suatu proses interaksi antara pemimpin dan orang lain yang dipimpin dalam suatu kelompok atau organisasi. Dalam menjalankan kepemimpinan, faktanya memimpin tidaklah mudah seorang kepala sekolah dituntut untuk menyesuaikan perilaku dan gaya kepemimpinan yang sesuai dan cocok bagi setiap bawahannya agar dapat bekerja sama dengan baik dalam menciptakan sekolah yang efektif.