Analisis Manajemen Kurikulum Di SDN 17/1 Rantau Puri Kabupaten Batang Hari

Authors

  • Diah Pertiwi Universitas Jambi, Indonesia
  • Fuji Pramulia Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiayadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja bentuk manajemen kurikulum yang dilakukan pihak SDN 17/1 Rantau Puri beserta tantangan dan hambatannya, serta solusi untuk memecahkan masalah tantangan dan hambatan yang dimiliki. Penelitian ini memiliki jenis deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif berupa observasi dan studi literatur mengenai kurikulum, manajemen, pendidikan sekolah dasar, dan profil sekolah yang diteliti. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 20 Maret hingga 25 Maret 2023, berlokasi di SDN 17/1 Rantau Puri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 17/1 terakreditasi B, sehingga tingkat manajemen terhadap kurikulum juga belum sepenuhnya baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya fasilitas serta jumlah karyawan yang bekerja di sekolah ini. Fasilitas seperti UKS, Ruang Bimbingan Belajar (Bimbel), hingga halaman yang belum dipasang konblok.

Published

2023-08-01

How to Cite

Pertiwi, D., Pramulia, F. ., Yantoro, Y., & Setiayadi, B. (2023). Analisis Manajemen Kurikulum Di SDN 17/1 Rantau Puri Kabupaten Batang Hari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5779-5783. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2570