Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 55/I Sridadi

Authors

  • Shinta Isnaini Syafa’atin Universitas Jambi, Indonesia
  • Sonia Shafana Ariyanti Universitas Jambi, Indonesia
  • Febi Tria Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2577

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis terkait dengan manajemen berbasis sekolah yang diterapkan di SDN 55/I Sridadi. Hasil dari penelitian ini adalah Indikator keberhasilan dari manajemen berbasis sekolah diantaranya adalah kebutuhan dilakukan dengan antisipatif dan responsif, sekolah ditransparasi, partisipasi dari masyarakat serta warga sekolah, kemandirian dari sekolah, teamwork dimiliki dari sekolah yang dinamis, cerdas, serta mandiri, budaya sekolah haruslah dimiliki, keefektifan dalam kelola tenaga, kekuatan dari pimpinan sekolah, dan proses pembelajaran yang efektif. Kemudian dalam strategi MBS sendiri diantaranya adalah dukungan finansial, pengawasan masyarakat sekitar, pendukung dari adanya sarana dan prasarana, adanya keaktifan dari siswa serta dukungan dari orang tua siswa, dukungan tenaga kependidikan, peningkatan mutu pendidik, penciptaan proses belajar, serta penetapan kurikulum. Kesimpulannya adalah permasalahan yang terdapat di SDN 55/I Sridadi berusaha menyelesaikannya seperti adanya renovasi terkait pembangunan yang tidak layak untuk ditempati berdasarkan anggaran.

Published

2023-08-01

How to Cite

Syafa’atin, S. I., Ariyanti, S. S., Tria, F. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 55/I Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5819-5826. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2577