Pengaruh Penggunaan Buku Bacaan Berjenjang terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Masehi Kabalidana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Engel Bertha Halena Gena Universitas Katolik Weetebula, Indonesia
  • Lasarus Bulu Kaleka Universitas Katolik Weetebula, Indonesia
  • Novelia Yodia Ole Awa Universitas Katolik Weetebula, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh buku bacaan berjenjang terhadap hasil belajar siswa kelas 1 (Satu) Sekolah Dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diutamakan. Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup semua aspek keterampilan dalam berbahasa, diantaranya keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.  Dari keempat keterampilan berbahasa yang lebih di utamakan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca siswa. Membaca adalah hal yang sangat penting karena membaca merupakan langkah awal untuk memperoleh pengetahuan. Selain itu dengan Membaca dapat menggali informasi dari teks, baik yang berupa tulisan maupun dari gambar atau diagram maupun dari kombinasi itu semua sedangkan tujuan membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen berpura-pura (Quasy experiment). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas 1A dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas kontrol Tahun Pelajaran 2021/2022.

Published

2023-07-10

How to Cite

Gena, E. B. H., Kaleka, L. B., & Awa, N. Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Bacaan Berjenjang terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Masehi Kabalidana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5476-5484. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2580