Implementasi Metode As-Syam’iyyah As-Syafawiyyah untuk Meningkatkan Maharotul Kalam Siswa

Authors

  • Saidah Misni Alawiyah Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Imam Asyrofi Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2588

Abstract

Seorang pendidik sangat berperan penting dalam proses pembelajaran berlangsung guna mencapai keberhasilan belajar siswa. Metode pengajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi pelajaran. Oleh sebab itu, setiap pendidik diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya dalam menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran serta dapat mengatasi segala problematika dalam pembelajaran maharotul kalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data mengenai proses implementasi, faktor pendukung dan faktor penghambat serta hasil belajar penggunaan metode as-syam’iyyah as-syafawiyyah untuk meningkatkan maharotul kalam siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan hasil bahwa implementasi metode as-syam’iyyah as-syafawiyyah dalam meningkatkan maharotul kalam siswa di Pondok Pesantren Al-Basyariah ini berjalan dengan sangat baik. Metode ini diterapkan selama 24 jam karena siswa ditekankan untuk menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari di dalam maupun di luar kelas melalui empat program kebahasaan yakni Mufrodat, Muhaddatsah, Muhadloroh dan Tahsinul Hiwar. Dengan adanya program kebahasaan disertai disiplin dalam berbahasa, siswa menjadi lebih banyak berlatih dalam mendengarkan dan juga berbicara bahasa Arab yang menjadi salahsatu jembatan siswa untuk lebih terampil dalam berbahasa Arab. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode as-syam’iyyah as-syafawiyyah ini sangat penting diterapkan pada siswa sebagai salahsatu upaya dalam meningkatkan maharotul kalam. Dengan metode ini, siswa menjadi terampil dan percaya diri dalam berbahasa Arab.

Published

2023-08-01

How to Cite

Alawiyah, S. M. ., & Asyrofi, I. . (2023). Implementasi Metode As-Syam’iyyah As-Syafawiyyah untuk Meningkatkan Maharotul Kalam Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6215-6221. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2588